Rabu, 28 Desember 2011

Motherboard Gigabyte mulai berasap

     Sangat mengejutkan, dan agak mengecewakan, Gigabyte telah menemukan bahwa beberapa motherboard terbarunya memiliki kecenderungan untuk meledak. Memang, "meledak" mungkin istilah yang keras, karena masalah ini terjadi karena MOSFET atau beberapa komponen lain dapat "menggoreng", dan ini berlaku untuk beberapa board masih dimiliki pelanggan.

     Penampakan asli yang tampaknya menjadi sebuah cacat terjadi ketika seorang overclocker Taiwan melakukan percobaan overclocking ringan pada motherboard Gigabyte X79 UD3. "Nasib buruk" adalah apa yang kebanyakan orang pikir ketika mereka belajar dari kejadian itu, tetapi, setelah itu, Gigabyte menerima beberapa keluhan lagi yang mengatakan bahwa overclocking CPU meskipun hanya ringan saja dapat menggoreng VRM tersebut.

     Akhirnya pemberitahuan mengarah pada penyelidikan dan perusahaan akhirnya menemukan bahwa masalah ini lebih jauh dari yang orang kira. Gigabyte juga menemukan bahwa ada lebih dari satu masalah saat bekerja. Sirkuit PWM menggunakan beberapa komponen berkualitas buruk, sesuatu yang buruk firmware pasti tidak meringankan.

     Gigabyte tidak memberikan solusi cepat, sebuah BIOS baru sebenarnya, tapi sementara itu tidak lebih atau kurang hal semacam ini mencegah kebakaran, ia melakukannya dengan menghilangkan kemampuan overclocking dari motherboard sama sekali. Board yang dimaksud adalah GA-X79-UD3, GA-X79-UD5, dan G1.Assassin 2, dimana para penggemar membelinya karena mereka bisa melakukan overclocking.

     Setelah BIOS baru diinstal, CPU akan menekan ketika panas yang ekstrim terdeteksi, sehingga menghemat VRM tersebut. Untungnya bagi pengguna, Gigabyte juga menerima kembali produk rusak dan menawarkan penggantian secara gratis.



sumber : softpedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar