Minggu, 26 Februari 2012

Storage Area Network

     Storage Area network ( SAN ) adalah sebuah jaringan yang dikhususkan untuk area penyimpanan, seperti harddisk, tape, optical disk sehingga dapat terhubung ke server seperti tidak terpisah. Sebuah SAN biasanya memiliki jaringan sendiri yang umumnya tidak dapat diakses dari jaringan lokal. Sebuah SAN tidak memberikan abstraksi file, hanya blok-tingkat operasi. Namun, file sistem yang dibangun di atas SAN menyediakan file-level akses, dan dikenal sebagai filesystem SAN atau sistem disk bersama. Tujuan dari SAN adalah untuk menangani lalu - lintas data dalam jumlah besar antara server dan peralatan penyimpanan, tanpa mengurangi bandwith yang ada di jaringan LAN atau WAN


     Secara umum, setiap SAN memerlukan perangkat - perangkat sebagai berikut :
  • Storage Server seperti misalnya File server dan NAS
  • Perangkat koneksi seperti switch dan hub
  • Media transport seperti Fiber optic

     Penyimpanan bersama biasanya menyederhanakan administrasi penyimpanan dan menambah fleksibilitas karena kabel dan perangkat penyimpanan tidak harus secara fisik berpindah dari satu server ke server yang lain. Manfaat lainnya mencakup kemampuan untuk memungkinkan server untuk boot dari SAN sendiri. Hal ini memungkinkan untuk penggantian yang cepat dan mudah dari server rusak sehingga server pengganti dapat menggunakan data dari server yang rusak.

     Storage Area Network dapat dibangun dengan 4 model topologi yaitu :
  1. Direct Attached Storage
  2. Point to Point
  3. Loop
  4. Fabric  
sumber :
  •  wikipedia.org
  • wahyono, teguh (2007),Building & Maintenance PC Server

5 komentar:

  1. As a Dell employee I think your post about storage area network is really impressive. I think a storage area network (SAN) is a high-speed special-purpose network (or subnetwork) that interconnects different kinds of data storage devices with associated data servers on behalf of a larger network of users. 

    BalasHapus
  2. This is really intersting post. As a Dell employee I really think the information you shared with us is very much useful . Thanks for sharing with us. Please keep posted such valuable information.

    BalasHapus
  3. Storage area network is used to gather huge data saved on different computers at one place. Your article is really informative.

    BalasHapus
  4. Nice Info gan " Ini kunjungan balik saya di blog agan, Infonya mantap-mantap " saya sempat Tidak update lagi dan baru kali ini saya tengok blog saya dan menyempatkan juga singgah di Blog ini seet saya kagum,, semoga silahturrahim ini bisa berjalan terus

    " salam Blogger Pemula "

    BalasHapus