Senin, 26 Desember 2011

8 Core Sandy Bridge-E

Kuartal pertama 2012 akan menandai transisi dari arsitektur Sandy Bridge-E ke ruang server dalam bentuk CPU seri Xeon E5. Chip Xeon E5 juga dikenal dengan kode nama Sandy Bridge-EP dan serangkaian perubahan fitur bila dibandingkan dengan versi desktop CPU ini. Ini termasuk dukungan hingga delapan core prosesor, yang dapat menjalankan maksimum enam belas berkas akibat dari teknologi Hyper-Threading Intel, sampai dengan 20 MB memori L3 cache, serta kehadiran QuickPath Interconnect (QPI) link ganda.


Fitur yang terakhir ditambahkan ke daftar spesifikasi untuk mendukung sistem multi-socket, karena menyediakan chip dengan bandwidth yang tinggi dalam komunikasi antar socket. Sama seperti rekan-rekan desktop mereka, Xeon CPU E5 juga memiliki fitur quad-channel DDR3 built-in controller, tapi kali ini jumlah memori maksimum yang dapat ditangani oleh masing-masing prosesor meningkat menjadi 384GB, menyediakan total 768GB memori untuk sistem dual-socket.

Bersamaan dengan detail mengenai chip Xeon seri E5,yang telah masuk ke situs TechPowerUp, juga menunjukkan perkiraan beberapa kinerja untuk chip ini bila dibandingkan dengan Xeon X5690. Tergantung pada tugasnya, dorongan kinerja yang ditawarkan oleh Xeon E5-2600 CPU seri mendatang bervariasi antara 50 dan 120 persen dibandingkan dengan chip Westmere-EP. 

Tanggal rilis chip ini belum disebutkan, namun Intel baru-baru ini mengatakan bahwa ia telah memulai pengambilan sampel chip Xeon E5 untuk memilih jumlah  vendor cloud dan komputer HPC, dengan ketersediaan massa diharapkan di Q1 pada tahun 2012. 


sumber : softpedia.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar