Sabtu, 27 Desember 2014

Tutorial C ( Mencetak nilai ganjil kelipatan 3 dalam range tertentu )

Setelah mengupload tutorial penentuan nilai tertinggi dan terendah, kali ini saya akan mengajarkan cara mencetak nilai ganjil kelipatan 3.


Di tutorial ini saya akan membahas sedikit mengenai operasi matematika bernama modulo (symbol : %). Jadi, apa itu modulo? Secara gampang modulo merupakan hasil sisa dari suatu pembagian, contoh :


  • 5 / 5 = 1 sisa 0
  • 8 / 2 = 4 sisa 0
  • 7 / 3 = 2 sisa 1
  • 13 / 5 = 2 sisa 3
Sudah mengerti kan? Sekarang saatnya kita menuju ke kode pemrogramannya. Pertama - tama seperti biasa siapkan code-block anda. Kemudian tuliskan kodenya seperti berikut :


int main(){    int i=10,batas;    puts("menghitung bilangan ganjil kelipatan tiga");    printf("masukkan batas akhirnya : ");    scanf("%d",&batas);    while(i<=batas)    {        if (i%3==0 && i%2!=0) {            printf(" %d\n",i);        }        i++;    }    return 0;}

Kemudian inilah sedikit penjelasan singkat mengenai kode tersebut :
Pertama, kita tentukan dahulu variabelnya
int i=10,batas;
Di sini kita membuat variabel bertipe integer (bilangan bulat) bernama i dengan nilai awal 10 dan variabel bernama batas untuk menentukan batas penghitungannya.
puts("menghitung bilangan ganjil kelipatan tiga");printf("masukkan batas akhirnya : ");scanf("%d",&batas);
Kemudian kita masukkan kode untuk meminta user menginputkan batas penghitungan bilangannya.

Setelah itu, baru kita memasuki tahap proses penentuan bilangan ganjil kelipatan tiga.
while(i<=batas)    {        if (i%3==0 && i%2!=0) {            printf(" %d\n",i);        }        i++;    }
Di sini kita menggunakan proses looping bernama while. Sama seperti for, kita menentukan dahulu nilai awal untuk looping (i=10) kemudian kapan looping berhenti (i > batas) dan kemudian jangan lupakan i++ untuk menambah nilai i.

Disini kita menggunakan fungsi if untuk menentukan apakah modulo bilangan apabila dibagi dengan 3 sama dengan 0 dan modulo bilangan saat dibagi dengan 2 tidak sama dengan 0 alias bilangan tersebut pasti ganjil (i%3==0 && i%2!=0). Apabila nilai i memenuhi 2 syarat tersebut maka nilai i akan dicetak sebagai bilangan ganjil kelipatan 3.

Demikian tutorial S3 (Sangan Singkat Sekali) dari saya, semoga bermanfaat dan menambah sedikit ilmu,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar